Friday, October 18, 2013

Jessica Farolan: Psikologi Stand Up Comedy


Jessica Farolan, finalis Standup Comedy Kompas TV season 2 berkisah mengenai perempuan yang melawak, dan masa lalunya melawan depresi.

Hello, Kak Jess! Lagi sibuk apa nih?
Kesibukan saat ini kebanyakan training ke sekolah-sekolah, tiap Rabu dan Jumat gue ngajar kelas muatan lokal, bantu-bantu Aethra Learning Center. Kurikulumnya tentang character building; jadi kelas 11 belajar tentang menghadapi masalah, kelas 12 belajar tentang personal value.

Kak Jess kenal stand up comedy dari kapan?
Pas awal booming gue tahu, tapi lebih sebagai penonton. Gue biasa nonton Radit, Pandji, Ernest di Youtube. Gue sampe download loh! Nah terus ada temen yang ngajak nonton taping Kompas TV. Mulailah dari sana gue makin kagum sama mereka. Terus sempet dikenalin sama Ernest, dia minta gue bikin komunitas stand up di Atma Jaya. Kita datengin deh Ernest sama Ryan untuk mentoring. Waktu itu mereka masih murah meriah harganya hahahahaa

Ada 14 anak Atma yang ikut workshop 2 hari, salah satunya gue.Hari pertama belajar bikin materi, hari kedua praktik di depan mereka. Kata Ryan materi gue cukup oke, ya udah akhirnya gue lanjut cari-cari materi, dateng ke open mic di deket kampus.

Waktu itu akhirnya gue dapet materi emas dan pas juga audisi Kompas TV season 2 keluar. Lanjut deh. Gue jadi 13 besar sayangnya eliminasi di minggu pertama hahahaha Pengalamannya sih iya banget, lah

Kak Jessica sempat menyebut soal keterkaitan standup comedy dengan kesehatan mental…
Dulu, tiap Rabu gue dateng ke tapingnya Kompas TV, ketawa 5 jam. Itu terbukti naikin mood selama beberapa hari. Minggu-minggu itu jadi masa yang hepi banget. Sabtunya pun gue masih nonton siaran ulangnya. Seru banget!

Nah, sebagai pelaku, stand up itu seperti personal therapy. Stand up itu kan mengangkat materi dari kehidupan pribadi lo, yang mungkin ada 1-2 itu trauma lo. Misalnya, gue suka angkat materi soal dieliminasi minggu pertama. Padahal kenyataannya, waktu baru kejadian gue sempat beberapa minggu nggak mau inget-inget soal stand up. Apalagi di Twitter banyak yang ngomongin: nggak lucu, gak lucu…Pemulihan akhirnya terjadi saat gue sudah nggak sungkan dan malu lagi sama kejadian itu.

Kak Jessica kelihatannya peduli banget soal kesehatan mental?
Ya, latar belakang pendidikan gue kan psikologi di Atma Jaya, plus gue pernah mengalami depresi. Gue pernah depresi waktu SMA, selama 1.5 tahun gue depresi intens. Gue tetep sekolah, tapi depresi sudah mengganggu fungsi sosial, teman-teman mulai menjauh, prestasi menurun dan berat badan gue 10 kilo lebih kurus dari sekarang. Sekarang sih dalam 1 tahun terakhir gue udah naik 10 kilo dan sudah pemulihan. Apalagi pas masuk kuliah psikologi, gue kan banyak bertemu dengan orang depresi dan skiripsi gue pun tentang depresi.

Gue ingin masyarakat Indonesia lepas dari depresi. Orang harus punya pemahaman depresi itu apa, supaya mereka bisa pulih. Lebih susah lagi kalau orang nggak sadar dirinya depresi. Nah, salah satu cara mengeatasi depresi ini adalah dengan menyebarkan kebahagiaan.  Kata-kata yang paling sering ditujukan ke mereka yang depresi: “Ya udahlah, gitu aja kok dipikirin.” Hal kaya gitu sebenarnya bikin depresi makin parah. Misalnya kalau lo kena kanker, lo hitung mundur umur lo. Sebenarnya sama saja, kalo lo depresi lo juga itung mundur tapi ngitungnya susah.

WHO mengeluarkan statement bahwa depresi telah menempati  posisi 5 besar penyebab kematian di dunia. Di dunia ini, total orang depresi ada 350 juta dan 850 ribu diantaranya meninggal dunia. Depresi memang nggak bikin orang geletakan di jalan, tapi minimal sudah mengganggu fungsi sosial. Di Indonesia tahun 2009, 80 persen penduduk 5 kota terbesar di negara ini sudah kena depresi. Dari 50ribu kasus bunuh diri di Indonesia tiap tahunnya, 40ribu terjadi karena depresi.

Kesulitan terbesar yang dihadapi Kak Jessica dalam mengkampanyekan gerakan antidepresi ini gimana?
Susah, karena orang masih berpikir yang lebih penting itu leadership, public speaking, sekolah dpt nilai bagus, kerjaan sukses. Happiness itu urusan dapur dan rumah lo sendiri. Kami tawarin training kemana-mana, tapi orang pada nggak ngerasa butuh. Nah akhirnya waktu momen hari kesehatan mental 10 Oktober lalu, kami bikin program standup comedy spesial, biar masyarakat aware dulu akan pentingnya happiness; ada Pandji, Ernest, Sammy, Ryan. Acara ini ada seminarnya juga.

Kembali ke standup comedy nih. Kenapa sih jarang banget comic cewek di Indonesia?
Kata comic-comic lain, mungkin karena cewek lebih jaim ya. Comic cewek yang gue tahu memang biasanya nggak tahu malu atau bold. Jujur materi gue cenderung vulgar, tapi gue nggak akan pernah ngomong jorok tanpa alesan. Tapi makin ke belakang gue ngurangin materi jorok, karena sekarang gue bekerja sebagai pendidik. Yang jelas, materi lawakan lo harus benar-benar berangkat dari kegelisahan lo.

 

 

0 comments:

Dí lo que piensas...